ANDA BATUK DAN MENGELUARKAN DAHAK? PERHATIKAN WARNANYA! INILAH ARTI DARI 5 WARNA DAHAK ANDA


InfodariDokter - Bagi mereka yang sedang terkena batuk kering, tenggorokan tentu akan terasa sangat tersiksa mengingat tidak ada dahak yang bisa dikeluarkan dari saluran pernafasan namun terasa sangat gatal.

Banyak orang yang berkata bahwa ada sensasi lega andai kita terkena batuk namun berhasil mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

Menurut pakar kesehatan, dahak memang bisa dikeluarkan dan memberikan sensasi lebih nyaman. Selain itu, pakar kesehatan juga menunjukkan fakta menarik dimana warna dahak yang kita keluarkan saat sakit ternyata bisa menandakan seberapa parah masalah kesehatan yang sedang kita idap.



Dr Pradip Shah, Konsultan Dokter Rumah Sakit Fortis, Mumbai, menjelaskan penyakit yang menyerang Anda dengan melihat dari warna dahak seperti dilansir Thehealthsite berikut:
Dahak berair keruh
Dahak biasanya tidak berwarna, tetapi jika batuk atau mengalami infeksi, maka warnanya akan keruh dan berair. Ini adalah tanda-tanda Anda perlu pergi ke dokter, karena biasanya menjadi gejala bronkitis, asma atau infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.
Dahak berwarna kuning
Jika Anda batuk mengeluarkan dahak berwarna kuning, maka itu bisa menjadi tanda infeksi streptokokus atau stafilokokus. Dahak ini juga bisa menunjukkan tanda pneumonia, sehingga perlu segera ke dokter untuk diperiksa.
Dahak berwarna hijau
Dahak berwarna hijau menunjukkan bahwa Anda kemungkinan menderita infeksi pseudomonas. Ini merupakan infeksi bakteri yang terlihat pada orang dengan kekebalan rendah. pada orang yang sehat, tingkat keparahan infeksi cukup rendah.
Dahak berwarna merah
Hal ini disebabkan adanya darah di dahak, sehingga warnanya merah muda. Karena itu, batuk darah di dahak mungkin menjadi tanda Anda menderita bronkitis. Pada kasus berat, dahak berwarna merah bisa menjadi gejala pneumonia, tuberkulosis, bahkan kanker.
Dahak berwarna hitam

Meskipun sangat jarang, dahak berwarna hitam terlihat pada orang yang menderita infeksi jamur. Hal ini kadang-kadang terlihat pada perokok berat dan pekerja batubara.
loading...

0 Response to "ANDA BATUK DAN MENGELUARKAN DAHAK? PERHATIKAN WARNANYA! INILAH ARTI DARI 5 WARNA DAHAK ANDA"

Posting Komentar