INFO PENTING! SETELAH MAKAN BUAH INI SEBAIKNYA TIDAK MINUM AIR PUTIH.. INI ALASANNYA..


InfodariDokter - Apakah Anda senang makan buah? Jika iya, tahukah Anda jika anjuran sebaiknya tidak langsung minum air setelah mengonsumsi buah-buahan tertentu?

Seorang ahli nutrisi menyarankan agar sebaiknya tidak minum air setelah mengonsumsi buah-buahan tertentu. Buah-buahan tersebut biasanya sudah mengandung banyak air.


"Makanan dengan kadar air tinggi jangan sampai dikonsumsi dengan air. Beberapa contohnya adalah semangka, melon, mentimun, jeruk, nanas, grapefruit dan stroberi," kata Chief Nutritionist, Columbia Asia, Gaziabad, dokter Aditi Sharma.

Lalu, apa alasannya sebaiknya tidak minum air setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut? Mari kita cari tahu alasannya:

Mengganggu tingkat pH

Tubuh Anda membutuhkan tingkat pH tertentu untuk mencerna makanan. Tingkat pH ini terganggu jika Anda minum air setelah mengonsumsi makanan yang sudah mengandung air.

Hal ini karena terlalu banyak air akan mencarikan pH sistem pencernaan Anda, sehingga menyebabkan pencernaan melemah. Karena adanya serat dan air, buah-buahan seperti pepaya atau melon tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong, karena mengencerkan tingkat pH sistem pencernaan kita.

"Makanan mengandung air ini cukup cepat diserap saat perut kosong, dan mereka mulai dicerna, bahkan sebelum mencapai sistem pencernaan. Minum air setelah mengonsumsi buah-buahan ini menganggu pH dan menghentikan proses pencernaan, sehingga makanan tidak tercerna," jelas Dr Simran Saini, ahli gizi dan penurunan berat badan.

"Dalam beberapa kasus, alih-alih memberi nutrisi, mereka diubah menjadi zat beracun. Akibatnya, makanan bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan kita," tambahnya.

Dapat menyebabkan diare

Buah seperti mentimun dan semangka memperbaiki pencernaan jika dikonsumsi dengan benar. Jika minum air setelah mengonsumsi buah-buahan ini, makanan bisa mengganggu pencernaan Anda.

Hal ini karena air yang mengandung makanan memperlancar proses pencernaan dan membuat pergerakan usus menjadi mudah. Jika minum air setelah makan buah-buahan tersebut, gerakan usus menjadi terlalu halus dan bisa menyebabkan diare. Pergerakan usus menjadi cepat dan tidak stabil. Cairan pencernaan yang disekresikan dalam proses dinetralkan, karena mereka dikeluarkan dari tubuh lebih cepat dari yang seharusnya, menyebabkan sistem pencernaan yang lemah.

Tips

"Secara umum, Anda seharusnya tidak minum air putih setelah makan atau saat mengonsumsi makanan, karena mencuci semua enzim pencernaan dan memperburuk pencernaan. Waktu yang ideal untuk minum air setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut adalah 30-40 menit.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

loading...