JANGAN LAGI MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI..!!! INI BAHAYANYA UNTUK KESEHATAN ANDA..!!!


InfodariDokter - Makan dan minum idealnya dilakukan sambil duduk tenang dan tak terburu-buru. Bukan hanya ajaran agama Islam saja yang menyebutkan demikian, namun secara medis rupanya ada alasan yang menyebutkan resiko jika makan dan minum dilakukan sambil berdiri.


Apabila seseorang makan dan minum dalam keadaan berdiri, maka makanan dan minuman tersebut akan sampai di bagian usus terbawah dengan deras. Jika kebiasaan ini berlangsung lama, kondisi usus atau organ pencernaan akan turun dan merusak sistem pencernaan. Anda bisa mengalami disfungsi saat mencerna makanan.

Berbeda dengan jika kegiatan makan dan minum dilakukan sambil duduk, maka usus dan organ pencernaan akan bekerja perlahan dan normal. Organ pencernaan pun tidak dalam kondisi tegang akibat posisi berdiri.

Saat seseorang sedang berdiri, maka pusat syarafnya bekerja keras mengatur keseimbangan tubuh agar tetap tegak. Ini dapat mengganggu konsentrasi jika Anda sekaligus juga mengonsumsi makanan dan minuman.

Selain itu adalah berbahaya bagi dinding usus jika bekerja terus menerus dalam kondisi tegang. Bagian usus itu bisa mengalami luka dalam.

Saat Anda minum pun ada organ bernama sfinger yang akan menyaring air minum, jika dalam posisi duduk. Sfinger bekerja dengan struktur otot yang mirip dengan otot yang mengatur air kencing. ia akan menutup dan membuka untuk menyalurkan air ke ginjal dengan perlahan jika Anda duduk.

Namun jika berdiri, maka sfinger tak bekerja dan membuat air langsung masuk ke ginjal tanpa pengaturan lagi. Ini berbahaya sebab fungsi saringan dapat mencegah terjadinya pengendapan di kandung kecing.

Jika Anda minum sambil berdiri, resiko terjadinya pengendapan kristal di ginjal lebih tinggi. Bagaimana, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

loading...