JIKA SATU DARI 7 TANDA INI TERDAPAT DI TUBUH ANDA, BISA JADI ANDA MENDERITA KANKER KULIT! SEGERA CEK TANDA INI..!!! SEMOGA TIDAK ADA.. AMIN!


InfodariDokter - Kanker kulit adalah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Kebanyakan kasus kanker kulit, sekitar 99 dari 100 kasus, dapat diidentifikasi dari luar. Contohnya tahi lalat yang aneh, ruam dan luka pada kulit.

Namun, dalam kasus yang khusus, ternyata ada lokasi tertentu yang menjadi pertumbuhan kanker melanoma yang mustahil untuk dilihat menggunakan indera pengelihatan.


Berikut beberapa lokasi tumbuhnya melanoma yang tak kasat mata seperti diambil dari laman WomensHealthMag:

1. Benjolan di bawah kulit

Benjolan ini biasanya terjadi di area seperti selangkangan, ketiak atau leher. Benjolan ini bisa menjadi indikasi bahwa kanker kulit tersebut telah menyebar di noda limfa.

2. Sakit di area perut

Bersamaan dengan noda limfa, melanoma juga menyebar menuju liver. Jika ini terjadi, maka Anda akan merasakan sakit pada sebelah kanan atas perut Anda. Tidak selalu melanoma, rasa sakit ini juga bisa disebabkan batu empedu.

3. Gangguan pernapasan

Ketika melanoma telah bermetastasis, ia juga akan menyebar ke paru-paru dan menyebabkan napas penderitanya menjadi pendek. Gejala yang mirip ditunjukan dengan asma dan bronkitis.

4. Rasa sakit pada persendian

Selain noda limfa, paru-paru dan liver, tulang juga memiliki juga dapat menjadi tempat di mana melanoma berlabuh, meski gejalanya pada permukaan kulit sudah tidak lagi terlihat.

5. Mata buram

Tumbuhnya melanoma bermula di melanosit, sel yang memproduksi pigmen yang kebanyakan terdapat pada kulit. Ketika melanoma tumbuh di sekitar mata, mata buram atau gangguan pengelihatan adalah gejala yang paling pertama terjadi.

6. Masalah usus

Melanoma juga dapat menjadi penyebab masalah seperti diare, konstipasi, keram atau rasa sakit pada usus. Karenanya jangan pernah menyepelakan sakit perut .

7. Sakit kepala

Seperti halnya mata dan usus, otak juga mengandung melanosit, jadi tidak menuntup kemungkinan untuk melanoma tumbuh di sana. Sakit kepala, kejang-kejang dan gangguan kognitif adalah gejala yang kerap muncul.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

loading...